Threebute To Kartini II

Threebute To Kartini II

Raden Ajeng Kartini merupakan sosok pahlawan emansipasi wanita yang tidak akan pernah kita lupakan jasanya. Bertepatan pada tanggal 21 April yang merupakan tanggal ulang tahunnya, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari kartini. Nah, SMAN 3 Surakarta juga ikut merayakan hari Kartini, dengan bertajuk Threebute To Kartini 2. Acara tersebut merupakan kali kedua bagi SMAN 3 Surakarta dalam memperingati Hari Kartini ini. Berbagai jenis lomba seperti lomba debat Bahasa Indonesia, geguritan, newscast , story telling, yang telah dilaksanakan sejak hari Senin, 17 April 2017 hingga hari Kamis,20 April 2017.
Betempatan di SMAN 3 Surakarta lokasi Kerkroff pada Jumat,21 April 2017 puncak acara Threebute To Kartini 2 dilaksanakan. Acara ini dimulai pukul 07.15 hingga 11.15,acara ini dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh kepala sekolah SMAN 3 Surakarta. Lalu,acara ini dilanjutkan dengan berbagai penampilan penampilan meriah dari siswa siswi SMAN 3 Surakarta dan penampilan juara 1 hingga 3 dari lomba lomba yang telah diselenggarakan semenjak hari Senin. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan diselenggarakannya lomba keluwesan dengan Kartono yang merupakan siswa kelas XI dan Kartini yang merupakan siswi kelas X dan tidak lupa juga ada lomba tumpeng yang diikuti oleh siswa siswi SMAN 3 Surakarta kelas X dan XI juga ikut memeriahkan acara Threebute To Kartini 2.
“Acara ini membuat kita belajar lebih percaya diri lagi.” Ungkap salah satu peserta Kartini, Elsa Leticia.
Di acara Threebute To Kartini 2, siswa dan siswi SMAN 3 Surakarta diminta untuk mengenakan kebaya (bagi putri) dan batik (bagi putra). Seluruh rangkaian acara ini disambut dengan meriah oleh seluruh siswa. Walau persiapan yang dilakukan cukup singkat seperti yang telah dikatakan oleh ketua pelaksana, Muhammad Afrizal namun acara dapat terselenggarakan dengan meriah dan baik.
Lomba-lomba yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya juga tak kalah menarik. Suasana jawa sangat kental melihat kebaya-batik para murid Smaga pada acara Threebute To Kartini 2, begitupun juga ada lomba geguritan pada hari Rabu, 19 April 2017. Geguritan yaitu membaca puisi jawa yang mana 3 besarnya akan tampil di puncak perayaan kartini. Lomba geguritan dilaksanakan di 2 kelas, XI IPA 8 dan 9 dengan antusias peserta yang cukup tinggi.
Tak lupa, ada juga lomba debat dalam Bahasa Indonesia yang ikut memeriahkan perayaan kartini di Smaga. Pengikut lomba dituntut untuk menampaikan argument juga sanggahan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari mulai penyisihan I secara tertulis, debat II, hingga final debat yang dilaksanakan di aula kerkoff. Debat I dan II bertempat di XI IPS 1 & 2, debat I dilaksanakan pada hari Senin debat II pada hari Rabu. Sedangkan final dilaksanakan pada hari Kamis, 1 hari sebelum perayaan puncak kartini secara tertulis.
Untuk debat II pada hari Rabu, peserta terdiri dari 3 tim yang 1 tim juga beranggota 3 orang, yaitu X IPS 1, X IPA 2, dan XI IPA 9. Namun sayang tim perwakilan X IPA 2 tidak bisa mengikuti lomba karena ketidakhadiran salah satu anggota. Jadi berlangsung debat antara X IPS 1 dan XI IPA 9. Berlangsung secara lancar,debat II dimenangkan oleh XI IPA 9 yang masuk ke babak final.

Secara jelas berikut adalah pemenang lomba-lomba tersebut:
Newscast: XI IPA 9
Debat dalam Bahasa Indonesia: XI IPA 9
Geguritan: X IPA 3
Story telling: X IPA 5

     Jadi selamat bagi para pemenang lomba dan juga semoga hari kartini 2017 ini menjadi hari spesial bagi kita semua, untuk termotivasi dari Raden Ajeng Kartini.






Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.